Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah salah satu faktor
yang menentukan suksesnya penerapan strategi pembelajaran. Dikatakan
demikian karena pendekatan pembelajaran merupakan pandangan umum bagi
guru terhadap proses pembelajaran. Sehingga pendekatan pembelajaran harus lebih dahulu ditentukan sebelum memilih strategi dan metode pembelajaran seperti apa yang akan diterapkan.
Wina Sanjaya (2006:127) dalam bukunya “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan” mengungkapkan pengertian pendekatan pembelajaran
sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses
pembelajaran. Sudut pandang yang dimaksud di sini adalah bagaimana kita
melihat proses pembelajaran atau lebih menekankan ke pihak mana proses
pembelajaran yang dilakukan. Selanjutnya setelah diketahui sudut pandang
yang dianggap pas barulah kita memilih strategi dan metode paling
efektif yang dapat memaksimalkan proses pembelajaran.
Ada 2 pendekatan pembelajaran yang biasa digunakan dalam pembelajaran, yakni:
- Pendekatan berpusat pada guru (teacher centred approaches)
- Pendekatan berpusat pada siswa (student centred approaches)
Pendekatan berpusat pada guru adalah pendekatan pembelajaran yang memusatkan proses pembelajaran pada kinerja seorang guru. Guru menjadi tokoh yang paling dominan dalam proses pembelajaran. Strategi yang dapat digunakan dalam pendekatan ini adalah strategi pembelajaran langsung atau direct instruction. Guru benar-benar dituntut berperan aktif dalam proses pembelajaran untuk memberikan pembelajaran. Metode pembelajaran yang paling sering digunakan berkaitan dengan pendekatan ini adalah metode ceramah atau metode tanya jawab.
Pendekatan yang kedua adalah pendekatan berpusat pada siswa.
Pendekatan ini lebih memusatkan proses pembelajaran pada kegiatan siswa.
Siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran. Strategi yang
dapat digunakan untuk pada pendekatan ini adalah strategi pembelajaran
discovery dan inkuiri.
0 komentar:
Posting Komentar